Selasa, 29 Juni 2010

GlobaL Warning ( Pemanasan GLobaL )

Kata Pemanasan global/globalwarming sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tetapi masih ada banyak orang yang belum mengerti tentang pemanasan global. Jika sudah mengetahuinyapun seperti dari mass media akan tetapi biasanya memang dibahas dalam skala kebijakan yang sangat besar. Seperti kebijakan dan pembahasan untuk kepentingan peraturan dan kebijakan tingkat dunia, negara, propinsi bahkan mungkin tingkat perguruan tinggi.

Dalam pembahasan ini kita akan mencoba menejelaskan , Apakah yang dimaksud global warning dan hubungannya dengan rumah kaca sebagai penyebabnya secara sederhana dan lebih mudah dicerna ? Apa akibat yang ditimbulkannya? Apakah tindakan nyata yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi dan mencegahnya dampak global warning semakin cepat ?

Sebenarnya apakah arti dari pemanasan global sendiri dan hubungannya dengan istilah rumah kaca?

Global warming adalah pemanasan bumi yang terjadi karena adanya efek rumah kaca. Banyak orang berpikiran salah tentang rumah kaca yang dimaksud sebagai penyebab terjadinya global warming, Masih banyak masayarakat umum, bahkan pelajar dan mahasiswa yang kurang mengerti yang dimaksud rumah kaca. Rumah kaca bukanlah rumah yang terbuat dindingnya dari kaca seperti yang dibayangkan masyarakat umum. Bukan gedung bertingkat yang berdinding kaca, bukan rumah kebun yang terbuat dari kaca. Rumah Kaca yang berkaitan dengan global warning adalah istilah yang diberikan untuk lapisan gas-gas beracun hasil asap-asap polusi yang membentuk suatu lapisan di ozon dan lapisan ini disebut gas rumah kaca.

Gas rumah kaca ini sendiri mengakibatkan cahaya matahari yang akan keluar dari bumi dipantulkan kembali ke bumi. Bila lapisan ini semakin besar, membuat bumi akan terasa semakin panas seperti didalam sebuah rumah kaca. Bila suhu di bumi terus naik, dapat mengakibatkan bencana bagi manusia.

Activitas utama penyebab timbulnya gas rumah kaca ini adalah aktivitas pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Ketika atmosfer semakin kaya akan gas-gas rumah kaca ini, ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak panas dari Matahari yang dipancarkan ke Bumi .

Untuk lebih jelas berikut adalah ilustrasi gambar gas rumah kaca :


















Jadi sih intinya Bumi kita memanas karena sinar matahari yang sudah masuk ke bumi kita tidak bisa keluar lagi karena gas-gas rumah kaca tadi membentuk lapisan di atmosfer yang memantulkan sinar matahari

Apa akibat yang ditimbulkannya?

Bila suhu bumi terus meningkat gunung-gunung es akan mencair, daratan akan mengecil, dan daerah bagian Utara dari belahan Bumi Utara akan memanas lebih dari daerah-daerah lain di Bumi. Untuk Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau-pulau kecil ini membahayakan karena bisa setiap tahun kehilang beberapa pulau kecil yang tenggelam karena naiknya permukaan air laut.

Karena adanya pemanasan global juga sekarang kita menjadi susah memprediksi cuaca. Terkadang pada musim kemarau turun hujan dan malah saat musim hujan matahari bersinar dengan cerah dan tidak turun hujan sampai-sampai awan mendung saja tidak terlihat. Padahal cuaca sangat menentukan kita dalam melakukan aktifitas kita. Apalagi untuk para petani. Tanaman yang ditanam sangat tergantung dalam cuaca. Apabila prediksi cuaca berbeda daripada yang diduga, hasil panennya tidak maksimal atau akhirnya malah gagal panen.

Dan bila suhu terus meningkat bisa sangat menguntungkan bagi nyamuk. Karena nyamuk berkembang biak di daerah yang hangat. Bila semakin banyak nyamuk hidup akan mengganggu kesetabilan kesehatan lingkungan. Nyamuk akan mengakibatkan suburnya perkembangan penyakit demam berdarah yang akan membahayakan manusia.

Meningkatnya suhu global diperkirakan juga akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan karena bumi bertambah panas akhirnya air lautpun menguap. Bila hal ini terus terjadi akan menimbulkan pasang.

Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Karena hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan.

Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Apakah tindakan nyata yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi dan mencegahnya dampak global warning semakin cepat?

Untuk mencegahnya, adapun cara-cara yang mudah yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1. Matikan semua alat elektronik saat tidak digunakan. Kerlip merah penanda standby menunjukkan alat tersebut masih menggunakan listrik.

2. Pilihlah perlengkapan elektronik serta lampu yang hemat energi

3. Saat matahari bersinar hindari penggunaan mesin pengering, jemur dan biarkan pakaian kering secara alami

4. Matikan keran saat sedang menggosok gigi

5. Gunakan air bekas cucian sayuran dan buah untuk menyiram tanaman

6. Matikan lampu bila tidak digunakan

7. Jika mungkin mandilah dengan menggunakan shower. Mandi berendam merupakan cara yang paling boros air.

8. Selalu gunakan kertas di kedua sisinya

9. Gunakan kembali amplop bekas

10. Jangan gunakan produk ’sekali pakai’ seperti piring dan sendok kertas atau pisau, garpu dan cangkir plastik

11. Gunakan baterai isi ulang

12. Hindari pemakaian kendaraan bermotor bila jarak yang dituju dekat

13. Tanamlah pohon disekitar rumah

14. Memisahkan sampah organik dan anorganik

15. Mengurangi pemakaian plastik

16. Hindari pemakaian barang-barang yang tidak berguna

Dan masih banyak lagi cara-cara mencegah pemanasan global.

Pemanasan global adalah suatu hal yang berasal dari manusia itu sendiri. Jadi kita harus bertanggung jawab karena ulah kita sendiri kita jadi merusak bumi.

Don’t be NATO (No Action Talk Only)

SAFE YOUR WORLD & Action STOP GLOBAL WARMING.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar